Thursday 18 December 2008

yang lebih sulit dari sekedar MEMINTA MAAF

bagi sebagian orang, meminta maaf merupakan hal tersulit untuk dilakukan, lebih sulit dari pada menimba ratusan galon air.. karena meminta maaf memerlukan 'keberanian' untuk 'mengakui' kesalahan.

seorang pemberani bukanlah orang yang tidak takut menghadapi musuh, kegelapan atau ketinggian. seorang pemberani sejati adalah 'orang yang berani meminta maaf' atas kesalahan yang telah dilakukannya. karena meminta maaf membutuhkan keberanian untuk menyingkirkan 'ketinggian hati' - 'ego' dan 'gengsi'.

tapi...
ternyata ada hal yang lebih sulit dari sekedar meminta maaf...
yaitu..
'memaafkan kesalahan orang yang tidak pernah mau meminta maaf' atas kesalahannya..
kalau sekedar memaafkan atas permintaan maaf yang diajukan, itu masih belum seberapa, dengan mudah sebuah maaf bisa diberikan karena logikanya seorang peminta maaf akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahannya terbukti dengan keberaniannya meminta maaf...
tapi...
memaafkan seseorang yang tidak mau meminta maaf.. memerlukan 'kebesaran jiwa - keikhlasan luar biasa, tawakkal dan doa
karena sang pembuat kesalahan belum tentu mau berhenti melakukan kesalahannya.. bisa jadi dia tidak pernah merasa salah terbukti dengan ketidak mauannya meminta maaf/ mengakui kesalahan..

jadilah orang orang yang berjiwa besar, berlapang dada tulus dan ikhlash dengan memaafkan kesalahan orang yang tidak mau meminta maaf..

No comments:

Post a Comment

tinggalkan jejaknya ya, kalo sudah mampir: