Monday 24 January 2011

apa lagi yang sehat untuk dimakan anaku..?



Sebagai seorang ibu, tentunya aku berkewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk keluargaku terutama anak. Apapun yang terbaik seperti contoh yang baik, pendidikan yang baik dan tentunya makanan yang baik.

Makanan yang baik yang dikonsumsi anaku tentunya akan menjadi bekal utama untuk kehidupannya di kemudian hari. Jika hari ini aku tidak memberinya makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi yang cukup sesuai kebutuhannya, maka itu sama artinya dengan membiarkannya berpotensi hidup dengan berbagai penyakit di masa depannya.

Apalagi jika makanan  yang kuberikan hari ini adalah makanan yang mengandung racun atau tidak sehat. itu sama artinya dengan membiarkan ia hidup dalam berbagai ancaman diantaranya adalah ancaman menjadi anak yang tidak berprestasi  karena sakit sakitan jadi sering tidak masuk sekolah. Akibatnya bisa membuat sang anak kehilangan kepercayaan dirinya, dikucilkan dari lingkungannya baik karena prestasinya maupun karena lingkungan takut tertular oleh berbagai penyakit yang di deritanya, kemudian masa depannya jg terancam karena dengan kondisi tersebut ia akan sulit melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, kemudian sulit mencari kerja, kemudian mengalami kesulitan hidup (mencari nafkah), bertambahlah kemiskinan di negeri ini dan jg penderitaan karena berbagai penyakit tentunya.

Yah.. mengerikan memang... efek dari sekedar makanan tidak sehat yang dikonsumsi anak kita. Karenanya bagaimanapun caranya (dg cara yg halal pastinya) aku berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk di konsumsinya.

Tapiiiii... makanan yang sehat ternyata susah didapat.
kenapa?
simak beberapa jenis makanan sehat berikut:


a. Kedelai
kedelai adalah makanan yang mengandung betakaroten ini banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. dengan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. sehingga ada pendapat yang mengatakan kalau anaknya mau pinter harus diberi banyak makanan yang mengandung kedelai.
kedelai sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak anak dan ibu hamil baik dalam bentuk kedelai utuh maupun kedelai olahan seperti tempe, tahu, susu kedelai dll.
namun ternyata...
SUSU KEDELAI dibuat dengan kandungan bahan kaporit!
sebuah program berita di salah satu televisi swasta beberapa hari lalu  mengikuti jejak para penjual susu kedelai di rumah produksinya, dan ditemukan bahwa susu kedelai dibuat dengan menggunakan suatu bahan berbahaya yaitu kaporit yang bertujuan untuk mengawetkan susu kedelai yang harusnya basi dalam kurun waktu 1 hari menjadi 4 hari. kaporit yang biasa digunakan untuk membersihkan kolam renang itu lho. kaporit yang biasa saya pake untuk membersihkan teras rumah yang sudah berlumut. sekali disiram dengan kaporit, beberapa saat kemudian lumut2 tersebut mengelupas dan lantai menjadi bersih mengkilap. gak kebayang ternyata zat berbahaya yang bisa merusak jaringan sel dan menyebabkan kerusakan pada paru paru itu dikonsumsi anak kita dari dalam segelas susu kedelai yang kita belikan agar ia sehat!

TAHU yang kita makan sehari hari mengandung formalin
mengenai formalin yang akhir2 ini sedang marak, smua orang pasti sudah tau lah bagaimana bahayanya bagi tubuh kita.
dan ternyata
TEMPE yang juga merupakan makanan favorit orang indonesia dibuat dengan menggunakan air sungai ciliwung yang menjijikan
bayangkan air sungai ciliwung yang mengalir di ibukota jakarta yang sesak ini adalah air yang sudah amat tercemar, baik oleh sampah2 yang menumpuk yang tak lagi bisa dikendalikan hingga selalu menyebabkan banjir maupun oleh limbah pabrik2 yang ada di sekitarnya. kita semua pasti tau bagaimana warnanya air sungai ciliwung yang penuh sampah dan digunakan orang untuk membuang kotoran (buang air) juga. dan air itulah yang digunakan oleh para pembuat tempe nakal untuk membuat tempe yang kita konsumsi.

b. Ikan
makanan sehat lainnya yang baik untuk dikonsumsi anak kita adalah ikan. ikan yang dikenal mengandung asam lemak omega 3, vitamin dan mineral ini selain baik untuk perkembangan otak juga adalah makanan yang tidak memicu tingginya tingkat kolesterol, malah justru merupakan makanan sehat yang bisa menurunkan kolesterol, berlawanan dengan makanan berprotein lain yang biasa kita konsumsi seperti telur, ayam dan daging.
namun lagi lagi ternyata para penjual ikan curang di TPI (Tempat Pelelangan Ikan), merendam ikan ikan yang kita harapkan sebagai makanan paling sehat ini dengan zat zat yang berbahaya bagi kesehatan.seperti:
agar sisik ikan terlihat tetap segar (tidak layu)  ikan disiram dengan air pemutih pakaian (b**klin)
dan
agar warna insang ikan yg menunjukkan segar tidaknya sebuah ikan ternyata diberi bahan pewarna pakaian yang juga berbahaya bagi kesehatan.

c.Ayam
untuk memenuhi kebutuhan kalorinya, aku harus memberi ayam dalam makanan sehari hari anaku, tapi sekali lagi sayang sungguh sayang. ternyata banyak sekali ayam yang terjangkit virus H5N1 atau Flu Burung yang jika dikonsumsi bisa tertular ke pemakannya dan bisa menyebabkan kematian. lalu siapa yang jamin bahwa ayam yang sampai di meja makan kita bukanlah ayam yang terjangkit flu burung..?
belum lagi ayam tiren (mati kemaren) yang dijual para penjual nakal yang rakus akan keuntungan semata.. nah loo! mana ayam tiren jg dijual menjadi ayam fried chicken kesukaan anak anak kita lagi!
c.Daging Sapi
alternatif makanan berprotein ini juga ternyata banyak dilakukan kecurangan, misalnya sapi gelonggongan yang tersebar dimana mana, sapi gelonggongan adalah sapi yang sebelum disembelih dicekoki air sebanyak banyaknya agar si sapi menjadi berat timbangannya. kandungan air yang banyak itu menyebabkan mikro organisme mudah berkembang, selain itu banyak sapi mati sebelum dipotong karena proses gelonggongan tersebut. belum lagi sapi sapi impor yang masuk ke negeri kita ternyata mengandung antraks. hmmm... cape deeh.
d. Sayuran
setelah, kedelai, ikan, ayam dan sapi diperlakukan tidak senonoh oleh para penjualnya. alternatif makanan sehat untuk anak kita ternyata tinggal sayuran. zat hijau dalam sayuran baik sekali untuk kesehatan. anti kolesterol juga tentunya. tapi ternyata... para petani menyiram sayuran yang mereka tanam dengan pestisida, dan pestisida itu menetap dalam daun daun sayuran hijau, dan termakan oleh kita dan anak anak kita. padahaaal pestisida berbahaya sekali karena bisa menyebabkan alergi, peradangan,dan gata-gatal pada kulit serta empengaruhi kerja otak dan syaraf (jadi lemoot). gimana mau pinter coba anak kita..??

dan maaaasih banyak lagi penyelewengan terhadap bahan makanan kita ulah para pemburu materi demi keuntungan semata, tanpa memikirkan masa depan anak bangsa. padahal bisa jadi konsumennya anak mereka sendiri iyakaaaanannn??? kalo semua ditulis disini, waduh, para pembaca bisa cape bacanya, harus bawa kopi plus cemilan  bacanya, blom lagi nandain sampe mana yang udah dibaca karena besoknya harus ngelanjutin lagi karena belom selesai.


huft... jadi mau dikasih makan apa lagi coba anak kita supaya sehat? 
makan kedelai, kena kaporit,
makan ikan kena pemutih pakean
makan ayam kena flu burung
makan daging kena antraks
makan sayur kena pestisida
blom lagi ...
makan buah kena lilin pengawet
makan nasi ajah, berasnya kena pemutih dan pengharum spy bau2 beras cianjur gituh. hmm
apalagi kalo makan ciki2an dan mie instan yang udah jelas banyak msg, pewarna dan pengawet.
susu formula bayi aja tuh mengandung melamin, eh mau di vaksin, suntikan imunisasinya mengandung minyak babi. hmmmm... 

bingung kan ?? begitulah susahnya jadi seorang ibu.
tolong pak pemerintah dan pihak yang berwenang ... bantu kami para ibu untuk menyajikan makanan yang sehat buat anak kita. demi masa depan bangsa loooh. dan demi menciptakan rakyat yang sehat dan tidak sakit sakitan tentunya mengurangi biaya pengobatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan bangsa loh pak!


mbok kalo sudah liat di tivi banyak penyelewengan terhadap bahan makanan itu ya ditindak, jangan dibiarkan meraja lela apalagi malah bikin yang nonton ikut meniru. karena tidak ada tindakan tentunya.
ya kalo bisa sih bikin badan khusus di setiap pasar untuk memastikan bahwa makanan yang mereka jual tidak berbahaya bagi kesehatan kita. itu berguna untuk sampeyan juga lho pak, sampean jg konsumen makanan toh..??? 
wassalam.

9 comments:

  1. air ASI tetap yang paling sehat bunda haha..

    ReplyDelete
  2. haha, pastinya.. tapi kl udah gede masa mau dikasih asi terus..? xixixi

    ReplyDelete
  3. jadi serba susah yang menghadapi penjual curang, maunya kita nyari makanan sehat yang didapat malah sebaliknya. memang benar yg dikatakan auraman, tdk ada makanan yang bisa mengalahkan ASI buat seorang bayi/anak.
    salam persahablogan

    ReplyDelete
  4. @ wongkamfung, kayaknya nih kl kita mau sehat harus pulang kampung. bikin kolam ikan sendiri, tanam padi sendiri, tanam sayur sendiri, tanam buah2an sendiri, ternak ayam (haha jd ingat teras rumah wongkamfung),itik,kerbau,sapi dll
    trus pastikan yang kita makan hasil kebun n ternak kita sndiri. baru deh bisa hidup sehat..

    ReplyDelete
  5. semoga nanti kita bisa memberikan yang terbaik buat anak kita, buat siapapun di sekeliling kita.....

    ReplyDelete
  6. amiiin.. smoga kita msh bisa mendapatkan yg terbaik dr alam ini..

    ReplyDelete
  7. duh, gimana ya mbak rasanya jadi ibu?
    -_- pasti berat banget ya..

    ReplyDelete
  8. @ hans, tks udh mampir, salam kenal!
    hiks.. ibu di negeri yg penuh kecurangan di segal a bidang kehidupan ini khususnya.
    makanya ntar kl udh jd 'pmerintah', kl ada di bidang ini, titip dibasmi ya mrk yg suka mencurangi makanan kita.. hehehe

    ReplyDelete
  9. ngeri aahh.. >.<
    jd tkt aku mb, lg hamil gini,serba salah kl mau makan >.< mana tgl di jakaarta yg semuanya serba abal2 >.<

    ReplyDelete

tinggalkan jejaknya ya, kalo sudah mampir: