Wednesday, 16 February 2011

Internet Di Mata Seorang Ibu Rumahan

Ini tulisan tentang saya, internet dan gaya hidup. Tentang pentingnya internet bagi saya yang hanya sekedar seorang ibu rumah tangga biasa dengan satu anak balita dan satu suami (penting ga ya?:)). 

Siapa bilang internet hanya dibutuhkan oleh seorang pekerja bisnis professional, anak kuliahan, dan orang orang hi tech lainnya. Siapa bilang seorang ibu rumahan seperti saya tidak butuh internet? Berikut saya gambarkan betapa internet sangat penting bagi kehidupan saya.

Internet bagi saya adalah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup. Karena setiap kegiatan sehari hari saya bergantung pada internet. Betapa tidak, internet membantu mempermudah setiap kegiatan saya sejak bangun tidur hingga tidur lagi.   

Berikut adalah  beberapa pengertian Internet bagi saya :
1.   Buku resep terlengkap dan tercanggih.
 
Saya berangkat membangun rumah tangga tanpa bekal kemampuan masak sedikitpun (kecuali masak air yang ga mungkin hangus dan masak mie instan haha), otomatis saya belajar masak  dari internet, mulai dari sekedar masak nasi goreng, gulai dan rendang khas Indonesia hingga masakan impor khas Italy, Jepang hingga timur tengah. Alhasil ibu dan ibu mertua terkagum kagum memuji variasi masakan yang kini mampu saya buat yang sudah mengalahkan mereka yang dari dulu sudah pada jago masak, tapi kurang kreatif karena cuma  hasil  ajaran turun temurun dari nenek moyang (hari geenee gitu loch, siapa dulu gurunya buku resep terlengkap dan tercanggih di dunia hehe).

Tak perlu repot kebat kebet cari resep yang diperlukan, cukup dengan ketik keyword dan sekali klik saja. Bukan hanya cari resep, bahkan tiap pagi saya buka internet untuk cari ide jenis sayuran apa yang harus saya beli, menu makanan hari ini, kiat kiat memasak cepat, menyimpan makanan yang baik dan tentunya kandungan nutrisi makanan yang akan saya masak agar tetap dapat menyajikan makanan sehat bagi keluarga.

2.   Guru ilmiah dan spiritual privat yang selalu ada di rumah.
 
Sebuah pepatah mengatakan. jika kau mendidik seorang laki laki, itu berarti kau mendidik seorang individu, tapi jika kau mendidik seorang wanita, itu berarti kau mendidik seluruh keluarga”.

Pepatah itu mengungkapkan betapa seorang wanita / seorang ibu itu haruslah pintar, karena ibu berfungsi sebagai sekolah pertama bagi anak anaknya tempat dimana seorang anak bertanya tentang semua hal pertama yang ingin diketahuinya. Tapi bagaimana mau pintar jika waktu yang dimiliki ibu tersita untuk keperluan mengurus rumah tangga lainnya, mana sempat ibu sering sering keluar pergi seminar,  ke sekolah maupun tempat tempat menimba ilmu agama. Jikapun sempat, maka anak malah akan menjadi korbannya karena harus sering sering ditinggal oleh sang ibu. 

Tapi internet ada memenuhi kebutuhan tersebut, tidak hanya satu guru, satu sekolah atau satu bidang keilmuan saja, tapi kita bisa belajar tentang apapun, kapanpun dan dimanapun kita berada. Tidak perlu duduk manis di bangku, tapi bisa dilakukan sambil menyuapi si bayi, sambil menemaninya bermain atau di sela sela waktu senggang yang saya miliki. Saat terbersit pertanyaan di otak saya, saat itu juga saya belajar, mencari melalui fasilitas internet di laptop maupun telepon genggam yang hampir setiap saat ada di genggaman saya. Dari internet juga saya belajar bagaimana menjadi istri yang baik, ibu yang baik dan hamba yang baik.

3.   Dokter anak dan Dokter Spesialis Pribadi .
 
Seperti pengalaman ibu ibu lainnya yang memiliki anak balita, anak saya pun rentan terserang berbagai penyakit,mulai dari sekedar batuk pilek, demam, diare  hingga kecelakaan seperti jatuh dari tempat tidur, kecengklak dan lain sebagainya. Tentunya setiap ibu pasti bingung dan panik menghadapi kondisi semacam itu, tapi kepada ‘dokter internet’ saya bertanya apa saja yang berkaitan dengan kesehatan, belajar mengenali penyakit dari gejala yang ditimbulkan, mengetahui pertolongan pertama yang harus dilakukan, pencegahan agar tidak berulang, mencari alamat dokter yang kompeten hingga mencari second opinion setelah mendapat vonis penyakit yang diderita dari dokter di klinik.

Pengalaman saya belum lama ini, anak saya divonis TB paru paru oleh satu DSA dan harus minum obat yang banyak efek sampingnya selama 6 bulan, tapi berkat internet, saya tahu bahwa gejala yang diderita anak saya tidak sesuai dengan penyakit yang divoniskan tersebut, lalu dari internet pula saya mengetahui nama dokter spesialis anak sub spesialis paru anak yang bagus di salah satu rumah sakit ternama, lalu saya mendatanginya untuk mencari kepastian dan darinya saya diberitahu bahwa anak saya hanya alergi dan bukan TB Paru. Andai tidak ada internet, mungkin  saya percaya saja pada pendapat dokter pertama dan mencekoki anak saya dengan obat yang pada hakikatnya adalah racun.

4.   Sarana Kerja
 
Sambil mengurus anak, memperhatikan tumbuh kembangnya, mendidik dan menemaninya, saya juga tetap bisa ngantor, tapi kali ini  cukup di rumah. disinilah internet berperan penting dalam pekerjaan saya. Saya menerima berkas berkas pekerjaan yang dikirimkan melalui email atau via telpon. Lalu saya mengerjakannya di sela sela waktu senggang  kemudian mengirimkan hasilnya via email juga atau dititip via suami yang kantornya di perusahaan yang sama. Ke kantor cukup dua minggu sekali jika diperlukan atau untuk mengambil penghasilan. (hehe lumayan anak tetap terurus dan penghasilan juga dapat, biaya transportasi juga berkurang tentunya)

5.   Media silaturahmi, tempat curhat, fashion stylish, gadget consultant dan alat belanja
 
Dengan internet, meski di rumah, saya tetap bisa bergaul dengan teman teman  melalui facebook, twitter dll, jika ingin mencurahkan isi hati atau mengungkapkan ide, tinggal menulis di blog. Selain itu saya tetap bisa gaul mengetahui trend fashion mode terbaru, mengetahui trend tehlonologi terbaru, mencari tau harga suatu barang dan berbelanja secara online, sehingga meski di rumah, saya tetap tidak kumuh dan ketinggalan jaman.

 Salah satu toko online terlengkap langganan saya untuk masalah gadget adalah www.bhinneka.com . Sebelumnya saya dan suami biasa belanja keperluan gadget seperti computer, laptop, Printer, Flash Disk, Handphone dan lain lain di Mangga Dua, tapi sejak disarankan oleh teman divisi IT di kantor untuk berbelanja di bhineka.com, saya tidak lagi perlu repot bermacet macet ria ke Jakarta. Cukup cek harga secara online, lalu datang ke tokonya di cibubur junction (dekat rumah) atau via telpon saja dan tunggu diantar. 

Jika  mencari barang yang langka juga bisa pesan, selain itu yang paling penting harganya sama saja dengan mangga dua, tidak perlu  menghabiskan energi dan biaya transportasi serta tentunya tidak perlu repot repot menawar, semua bisa dilakukan di rumah saja tanpa menghabiskan banyak waktu.

Begitulah gambaran betapa  internet penting bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya sekalipun, jadi, masih bertanya pentingkah internet bagi ibu rumahan??

tulisan diikutsertakan dalam kontes blog di http://www.bhinneka.com
 sumber gambar : www.google.com

37 comments:

  1. wow.... great posting :) i like it.... semangat. semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca. dan moga bunda menang....:)
    salam semangat..

    ReplyDelete
  2. wah...keren2x.......bener2x wonder woman bunda ini

    ReplyDelete
  3. Wah, Bunda...salam kenal dari Iis. Semoga ini menjadi awal persahabatan ya Bun...Oiya, moga sukses dilombanya. Artikel yang bagus sekali...

    ReplyDelete
  4. @ zico n blackbox, hee. tks ya.. moga moga ada manfaat yg bisa diambil oleh yg baca

    @lis, salam kenal jg. wah terima kasih ya sudah mampir.. nah ini dia nih, salah satu blog yg berguna banget wat hidup saya, soalnya punya banyak banget resep... aduh saya berterima kasih sekali loh kalau mau jadi sahabat saya..

    ReplyDelete
  5. bener banget bunda azka...umi nya hanif juga paling sering cari referensi tentang anak ya dari internet...resep, dokter online, referensi parenting, etc...kalo bapaknya sih make internet buat nge games sama anaknya..hihihi

    ReplyDelete
  6. Sayang ya internet tidak bisa juga berfungsi sebagai tempat masak makanan.. kalau bisa wah bisa beli komputer semua tuh ibu-ibu

    ReplyDelete
  7. @ tody, haha.. brarti cs aku tuh uminya hanif..hehe.. salamin ya..

    @ lozz, udah bisa looh, tinggal klik menu masakannya, trus transfer uang via internet banking, bentar lg nyampe deh masakanya... haha itu mah delivery yah.. kwwkkwkw

    ReplyDelete
  8. wow..wow..mata saya mpe bling-bling biz baca disini.. hehehehhe

    apalgi poin pertama tuw, bunda..
    buku resep terlengkap dan tercanggih.. heheh.. sepokat pangkat 7, coz sumpeh g tau masak..
    hohoho.. om googleku sayang.. lop yu pull.. hehehheh

    ReplyDelete
  9. like this much..........tapi hati hati tuh internet dan laptop dicuci atau dibanting banting ama bocah

    ReplyDelete
  10. internet menurut ibu rumah tangga itu apa ? INTERNET (Indomie Telor dan Kornet)

    ReplyDelete
  11. @ achi, haha, gugle, rahasia terbesar dibalik kepandaian memasakku... :)

    @anonimus, haa... hebat bisa tau, bener banget tuh.. mouse udh abis 4, laptop keypadnya udh brp kali bongkar pasang dicopotin bocah kwkwkw

    @anak sultan, haha btul jg tuh.. indomie telor kornet plus keju.. mmmm yummy...

    ReplyDelete
  12. Waaah, bunda inspiratif. Banyak ide yang baru saya kenal. Bunda, semoga sukses ya kontesnya. Semoga kedepannya harapan Mas Akbar terkabul, masak di komputer :D

    ReplyDelete
  13. mana nih Teh, kok lum ada yang gres disini?

    ReplyDelete
  14. @ qefy, tks ya... amiin. enak bgt kl msk cukup klik klik aja smbil BW an.. hehe

    @ mas loz, hee.. lg sibuk bgt nih. maklum kerja freelance tgl tgl segini lg sibuk sibuknya. kl tgl 25 udh lewat br deh bisa mikir lagi.. :)

    ReplyDelete
  15. ternyata ibu menang..hebat...!!!

    ReplyDelete
  16. Selamat sudah menang kompetisi :)

    ReplyDelete
  17. Bunda emang keren deh, cocok lah kami panggil bunda ^_^.. selamat ya bunda

    ReplyDelete
  18. I just wanna say, Congratulation... :)

    ReplyDelete
  19. Wow selamat yah menang lomba blog-nya bhinneka.com :)

    ReplyDelete
  20. wah ini pemenang lomba nie,,, mantap mas

    http://mijoe99.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. wah... hebat euy.. bunda azka yang satu ini.. Top banget.. kapan nih traktiran nya.. ditunggu.. ^_^

    - ameliya bunda abdullah

    ReplyDelete
  22. @ all,tks banget yaa... asli bener bener ga nyangka. saking ga nyangkanya tgl 28 pas pengumuman ga cek inet, jd br tau hr ini kl aku yg menang. org niat ikut lomba jg cuma pengen belajar nulis yg lebih baik dr peserta lainnya, dan belajar tentang kekurangan dari kekalahan. eh ternyata dpt anugrah :)
    smua ini adl anugrah dan atas inspirasi dr teman blogger smua, terutama bloofers (para sahabatku).

    @ mizoe99, hee Im a woman, not 'mas' hee
    @ amel,hee ko tau mel....? wah pasti dr ayahnya si dodoy ya..?

    ReplyDelete
  23. aneh...masa komentar gw ilang :0

    ReplyDelete
  24. iya.. tadi nyoba bisa kebuka gak link pengumuman nya ternyata kebuka.. ayooo... trus nulis siapa tau nanti bisa dibukukan hasil tulisannya..

    dapat oleh2 apa dari ayahnya dodoy?? diriku dapat otak-otak dari tri..

    ReplyDelete
  25. @nenk, adiku sayang, anda belum beruntung. (kl versi ugenk 'kl ada comment lu gakan jd menang' hehehe...

    @ amel, dpt otak otak jg, sama kacang disco.. smlm langsung abis, aku bagi bagi ke org segang hehe

    ReplyDelete
  26. wah...wah...bagus lho tulisannya...pantesan menang ya Rahma...ayo trs berkarya ya....

    ReplyDelete
  27. kereeenn, emang pantas nih Mbak jadi pemenangnya ;)

    salam kenal ya MBak :)

    ReplyDelete
  28. hmmm ibu yang inspiratif...
    tulisannya juga keren pantesan menang hehehe
    selamat ya mba :)
    semoga terus berkrya...

    ReplyDelete
  29. Salam silaturrahmi bunda...
    Tulisannya mencerahkan :)

    ReplyDelete
  30. @anonymous, tks ya jd tambah semangat berkarya nih..
    @diah, terima kasih, yg lain sebetulnya lbh banyak yg bagus kok, smoga next bisa bikin tulisan yg lbh bagus lagi.
    @ anugrha, tks
    @ fahri, salam. tks
    @ abu faqih, terima kasih

    ReplyDelete
  31. waduh ibu, bagus bener tulisannya... selamat ya dapat laptop :)

    love,
    www.sccorner.com

    ReplyDelete

tinggalkan jejaknya ya, kalo sudah mampir: