Tuesday 15 February 2011

KITALAH PERUSAK BUMI KITA SENDIRI!

 Negara tercinta kita Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya. Negara yang sebagian besar daratannya merupakan hutan yang mengandung berbagai kekayaan alam yang telah diciptakan Tuhan dengan beragam manfaat luar biasa yang merupakan salah satu tongkat penguat keseimbangan alam.

Hutan adalah tempat hidup beraneka ragam jenis tumbuhan yang  sangat berguna bagi kehidupan manusia, diantaranya adalah sebagai penghasil oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernafas,  sebagai penyerap air yang akan mencegah kita dari kebanjiran, mencegah pemanasan global yang dapat menimbulkan berbagai bencana, dan mengikat tanah sehingga mencegah dari longsor. Selain itu hutan juga bisa menghasilkan berbagai jenis kayu, sayuran dan obat obatan yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia.

Hutan juga berfungsi sebagai tempat berkembang biaknya beraneka ragam fauna yang membuat Indonesia kaya akan berbagai jenis spesies binatang. Dan itu sangat membanggakan. Bahkan Indonesia masih memiliki salah satu hewan langka komodo yang hanya berada di Indonesia.

Namun sayangnya, menurut Buku Rekor Dunia Guinness Edisi Tahun 2008 Indonesia tercatat sebagai negara tercepat penghancur hutannya sendiri. Menurut data tersebut “Indonesia merusak seluas 51 kilometer hutan setiap harinya, atau seluas 300 lapangan bola setiap jam nya atau seluas taman monas setiap setengah jam”. Hampir tak percaya rasanya mengetahui hal tersebut, tapi inilah fakta yang terjadi di negeri ini, oleh ulah kita sendiri sobat! Hutan hutan tersebut dirusak dengan cara ditebang secara illegal, dibakar, dirubah menjadi kawasan perumahan dan lain lain. Sungguh disayangkan, bisa dibayangkan sepuluh tahun lagi, apa masih ada hutan yang tersisa di Indonesia? Masihkah keseimbangan alam dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak?
 Padahal, dengan semakin berkurangnya jumlah hutan, berarti Negara kita semakin rentan akan terjadinya bencana alam, terutama banjir, longsor, pemanasan global, gempa bumi dan lain lain. Wah, pantas saja kita tak henti hentinya mendengar berita tentang bencana banjir dan longsor di televisi. Tak heran lagi mengapa bisa begitu sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Dan selama ini kita hanya bisa ternganga sedih menyaksikan penderitaan saudara kita tersebut tanpa melakukan tindakan apapun. Hanya bisa mengutuk pemerintah yang kita anggap tidak becus menangani masalah ini atau yang lebih parah mempertanyakan keadilan tuhan yang membiarkan bencana itu terjadi.

Padahal, kalau perusakan hutan kita tidak dicegah dari sekarang, dan dibiarkan jumlahnya tetap seperti itu, maka akan jauh lebih sering lagi kita mendengar berbagai bencana alam terjadi lagi, lagi dan lagi di negara kita. Berapa banyak lagi saudara kita yang akan menjadi korban? Berapa banyak kerugian lagi yang akan dialami oleh rakyat Indonesia? Bisa-bisa lima tahun lagi, berita banjir akan terjadi di seluruh bagian Negara ini tidak hanya di Jakarta atau daerah padat lainnya. Dan berita tentang longsor, gempa bumi dan korban korbannya akan kita dengar setiap jam di televisi.
         
Semoga dengan tulisan ini kita semua dapat terbangun dari lelapnya ketidak pedulian kita, tersadar bahwa kita! Yah kita yang membaca tulisan ini dan siapapun, bisa memperbaiki kondisi ini!. Demi kehidupan kita selanjutnya, kehidupan anak cucu kita dan keberlangsungan bumi ini.

Mari kita mulai dari lingkungan terkecil kita dengan menciptakan hutan kecil kecilan di halaman rumah kita sendiri, menyisakan sedikit saja lahan serapan air untuk mencegah banjir. Mari kita tanamkan dalam-dalam di benak kita rasa perduli untuk menjaga hutan kita dan menjaga keseimbangan alam ini. Mari kita semua bergotong royong, menjaga hutan kita dari diri kita sendiri, dari para perusak, pencuri, pembakar, penebang illegal, dan penjualan kayu secara tidak terkendali.

Mari kita lestarikan bumi ini dari kehancuran, bencana alam  dan ketidak nyamanan lainnya. Biarkan keanekaragaman flora dan fauna tetap menjadi cirikhas bumi Indonesia yang indah yang patut untuk kita banggakan. Semoga semua keindahan ini masih dapat kita wariskan untuk anak cucu kita kelak.

 Dari anak Indonesia untuk negeriku tercinta.



7 comments:

  1. mari kita buang sampah pada tempatnya dan lestarikan hutan kita..
    nice post dan semoga menang lombanya..

    salama kenal ^^

    ReplyDelete
  2. mari kawan... karena kita bisa...
    tks udh mampir

    ReplyDelete
  3. semoga kita mampu mencintai lingkungan

    ReplyDelete
  4. mulai dari diri sendiri.. :D
    semoga dengan banyaknya orang yang baca ini..makin banyak juga yang sadar dan bertindak bukan cuman omdo.

    semoga menang ya buat lombanya ka..:D

    ReplyDelete
  5. harus ada aturan main yang jelas sekaligus benar2 dijalankan buat para pelaku perusak lingkungan..

    ReplyDelete
  6. kesadaran diri perlu diterapkan oleh setiap manusianya..

    salam kenal :)

    ReplyDelete

tinggalkan jejaknya ya, kalo sudah mampir: