Monday 24 November 2008

Tips Cara Memilih Komputer (Untuk Pemula)

berikut hasil kuliah semalam dari seorang it consultant (om fata hehehe.. :) mengenai tips tips cara memilih komputer jika kita ingin membeli komputer baru untuk para pemula, sederhananya gini:

1. PROSESSOR
Yang paling pertama harus diperhatikan adalah prosessornya karena prosessor adalah penentu cepat atau lambatnya kinerja sebuah komputer, caranya:
- merk apa? misalnya amd kah? or intel or apa? (biasanya lebih bagus kl yg intel)
- tipenya apa? contoh : intel pentium 1,2,3,4, yang terbaru saat ini dual core & core 2 duo
- berapa kapasitas prosessornya? contoh untuk notebook 8" biasanya skr kisaran 1.6 GB, notebook biasa skitar 2 GB, komputer desk top biasanya bisa lebih besar skitar 2 or 2.6 GB.

2. MEMORY (RAM),
selain prosessor yg juga mempengaruhi kecepatan access komputer adalah RAM or memory. jadi perhatikan berapa kapasitas memorinya apakah 1 GB, 1.5 or berapa? semakin tinggi memorynya semakin bagus n cepat.

3. HARD DISK(HDD)
hard disk merupakan bagian yang lumayan mahal dari sebuah komputer dan merupakan media tempat penyimpanan data, semakin besar kapasitas hard disk semakin bagus, kalo untuk komputer keluaran baru yang sekarang cari yang kapasitasnya diatas 100 GB. (intinya cari yang sebanyak banyaknya or disesuaikan aja dengan budget dan kebutuhan pemakaian)

4. ACCESSORIS
untuk kemudahan acces, cari komputer dengan accessoris sesuai kebutuhan sekarang, sehingga gak usah tambah gadget terpisah lagi (smua deh ada disitu) misalnya :
- ada cd r/rw,or dvd r/rw untuk buka file dr cd/dvd or burning data.
- ada colokan usb lebih dari satu.
- ada card reader
- ada bloototh & infra red
- ada web cam
- ada wifi
dll.

No comments:

Post a Comment

tinggalkan jejaknya ya, kalo sudah mampir: